Investasi Mana Yang Lebih Bagus : Tabungan, Reksadana, atau Asuransi Unit Link

Membuat perencanaan keuangan tidak terlepas dari apa yang menjadi tujuan kita. Seseorang yang menabung di Bank mempunyai tujuan untuk membentuk dana siaga guna menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi kelak. Bisa juga orang yang menabung di bank mempunyai tujuan membentuk dana persiapan membeli rumah. Atau tujuan lainnya yang jelas menabung di Bank mempunyai tujuan untuk kepentingan masa depan.
Jika dihubungkan dengan kepentingan pada masa yang akan datang, sebenarnya apakah cuma membentuk tabungan di bank, yang dapat membantu perencanaan keuangan anda? Tentunya masih ada pilihan lain seperti investasi pada Reksadana dan Asuransi Unit Link.

Sebenarnya apa yang menjadi perbedaan antara menabung, reksadana danasuransi unit link ? mari kita simak perbedaannya berikut ini:

MENABUNG DI BANK

Jika kita menabung, tentunya kita akan memiliki saldo uang di Bank yang sewaktu waktu dapat kita gunakan untuk menutup kebutuhan kita seperti : membayar uang sekolah, membeli sepeda motor, atau untuk jaminan hari tua. Namun ada faktor lain yang dapat mengancam kelangsungan dari tabungan kita tersebut, yaitu faktor risiko kesehatan seperti sakit atau meninggal.

Jika sang pencari nafkah sakit atau meninggal tentunya tabungan di Bank akan terancam habis untuk menutup biaya pengobatan, atau habis untuk biaya hidup sehari hari. Jadi tujuan awal dari menabung bisa-bisa tidak tercapai.

REKSADANA

Reksadana merupakan jenis investasi yang juga mempunyai fungsi tabungan. Dengan memiliki Reksadana maka kita akan mendapatkan pendapatan secara berkala sebagai hasil investasi. Reksadana merupakan solusi bagi masyarakat yang ingin investasi dalam bidang surat berharga namun tidak mempunyai kecakapan teknis dalam bidang surat-surat berharga. Dengan berinvestasi ke dalam reksadana maka dana yang dibayarkan akan dikelola oleh manajer investasi, sehingga masyarakat tidak perlu dipusingkan dengan urusan masalah teknis dalam mengelola investasi surat berharga seperti saham.

Pendapatan dari reksadana ini setelah terkumpul dari periode ke periode akan membentuk hasil investasi yang dapat digunakan untuk rencana keuangan masa depan. Seperti halnya tabungan, reksadana memiliki kelemahan jika dihubungkan dengan risiko yang mungkin terjadi. Hasil investasi yang terkumpul bisa habis jika kita sebagai investor mengalami sakit yang harus mengeluarkan biaya berobat yang mahal.

ASURANSI UNIT LINK

Jenis investasi yang satu ini berbeda dengan tabungan dan reksadana. Manfaat yang ditawarkan lebih lengkap, mencakup asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan tabungan investasi.

Dengan memiliki polis asuransi unit link, maka disamping akan mendapatkan tabungan hasil investasi yang terus tumbuh dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun. Nasabah juga akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, yang akan melindungi nasabah dari kerugian finansial akibat adanya risiko.

Jika nasabah dirawat di Rumah Sakit yang harus membayar biaya pengobatan yang besar, maka perusahaan yang akan menanggungnya, sehingga tabungan di Bank tetap utuh dan hasil investasi tidak terganggu. Jika nasabah meninggal maka perusahaan asuransi akan memberikan santunan plus hasil investasi yang dapat digunakan untuk membayar biaya sekolah anak dan kebutuhan sehari-hari, sehingga cita-cita anak dapat tetap diraih dan kelangsungan hidup keluarga tetap terjaga.

Berdasarkan perbandingan manfaat antara menabung di Bank, reksadana dan asuransi unit link, maka asuransi unit link adalah bentuk investasi yang lebih tepat, yang dapat mengcover kebutuhan pada setiap tahapan kehidupan.

Sumber: http://www.edyutomo.com/asuransi-unit-link

Untuk informasi detail hubungi saya
Aris Trijayadi
0812 3130 953 – 0857 3219 3231 – 7D69 27CE
aris@perencanakeuangan.org

Brosur asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan bisa didownload di bawah ini :

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on February 11, 2015, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: