Asuransi Jiwa Unit Link

Diambil dari forum asuransi yang ditayangkan MetroTV pada hari Kamis tanggal 26 Desember 2013 pukul 21.30 WIB

Saat ini unit link menjadi kosakata yang akrab di telinga masyarakat. Produk yang menggabungkan asuransi dan investasi ini diminati banayak orang karena berbeda dengan investasi tradisional. Unit link memberi manfaat proteksi sekaligus keuntungan investasi. Selain itu pemasaran yang gencar juga mempopulerkan produk ini.

Unit link adalah produk keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi jiwa. Ini adalah produk asuransi berbasis investasi. Melalui unit link nasabah merasakan manfaat investasi dan menikamti perlindungan asuransi jiwa. Setiap orang punya perencanaan keuangan, ada yang untuk masa depan di hari tua, ada yang untuk pendidikan anak, dan tujuan jangka panjang lainnya. Saat orang itu sehat-sehat saja – tidak ada masalah, investasi bekerja menemani nasabah  menjalani perjalanan keuangannya untuk mencapai tujuan keuangan. Tetapi ketika seseorang sakit atau meninggal, tidak mungkin perjalanan keuangannya berhenti. Itulah letak keunggulan unit link.

Animo masyarakat atas produk ini sudah semakin besar. Kebutuhan akan produk investasi dan kebutuhan atas perlindungan perencanaan keuangan demi terwujudnya tujuan keuangan bagi diri dan keluarga juga semakin meningkat
Dari data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia pada kuartal kedua 2013 menunjukkan data premi baru tumbuh 7,18%. Dan premi unit link masih mendominasi sebesar 51,55%. Sedangkan untuk premi lanjutan unit link mengambil porsi 65,25%.

“Saya punya beberapa polis asuransi salah satunya unit link. Saya memilih produk unit link karena saya sangat merasakan manfaatnya. Dengan premi 500 ribu per bulan, saya bisa merasakan manfaat perlindungan asuransi secara maksimal. Ditambah lagi saya bisa belajar berinvestasi”

Namun unit link menimbulkan banyak pro dan kontra terutama menyangkut variabel investasi. Nasabah kerap lupa bahwa sebagai produk investasi nilai unit link bisa berfluktuasi mengikuti pergerakan pasar. Alhasil mereka tidak puas dengan imbal hasil yang tidak sesuai.

Bila ditelaah masalah utama dalam penjualan unit link adalah kurangnya informasi yang detail mengenai berbagai kondisi dan resiko yang menyertai unit link ini. Oleha  karena itu nasabah harus lebih memahami produk yang akan dibeli untuk mendapat manfaat yang maksimal.

Dengan fasilitas switching jenis investasi yang disediakan asuransi jiwa Sinamas MSIG, nasabah bisa melakukan sendiri untuk memilih jenis investasi yang tepat.

Berikut ini untuk membuktikan bahwa asuransi unit link itu sangat menguntungkan. Tidak ada hal-hal yang disembunyikan dan semua bersifat transparan. Semua tertulis jelas di polis. Polis saya sendiri yang ditampilkan sebagai contoh. Polis dalam bentuk softcopy dikirimkan via email langsung ke nasabah begitu setelah polis jadi ditambah dengan ilustrasi yang ditandatangani nasabah dan agen. Polis saya baru dibayar satu kali dengan masa bayar triwulan. Nilai invesatasi langsung ada walaupun untuk bayar premi satu kali.Juga ada fasilitas e-policy di web yang bisa diakses sewaktu-waktu yang bisa melihat data pemegang polis, tertanggung, data asuransi, manfaat polis, nilai unit link, status pembayaran, rekening, penarikan sebagian, switching jenis investasi, riwayat klaim, dokumen polis, tambang emas, download form, dan customer survey.

   sinarmas_polis_
Dokumen Polis
sinarmas_polis_b_
Laporan alokasi dana awal untuk premi pokok.
Total persentase biaya akuisisi 205% dan total persentase alokasi dana
investasi 395% = 1:2
Untuk premi top up langsung dialokasikan untuk investasi mulai dari awal premi
Gambar di atas membuktikan asuransi unit link mengambil biaya akuisisi hanya sampai tahun ke-5.
 sinarmas_investasi_unit_link_
Fasilitas e-policy

Tabel Alokasi Premi Pokok

Tahun ke Persentase Alokasi Investasi Persentase Biaya Akuisisi
1 0 % 100 %
2 40 % 60 %
3 85 % 15 %
4 85 % 15 %
5 85 % 15 %
6 100 % 0 %

Biaya asuransi tersebut hanya pada saat usia masuk. Untuk tahun-tahun selanjutnya, Biaya Asuransi akan berubah dari tahun ke tahun sesuai dengan usia yang dicapai saat tahun berjalan dan Uang Pertanggungan.

Untuk informasi detail hubungi saya
Aris Trijayadi
0812 3130 953 – 0857 3219 3231 – 7D69 27CE
aris@perencanakeuangan.org

Brosur asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan bisa didownload di bawah ini :

 

 

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on December 27, 2013, in Asuransi jiwa and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. sangat penting sekali untuk mengetahui pengertian asuransi karena dapat meruba cara pandang masyrakat terhadap pentingnya berasurasni, tulisan anda sangat menarik sekali, terimakasih untuk artikelnya. salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: