Mengelola keuangan adalah menata masa depan

Semua orang membutuhkan uang untuk membiayai setiap fase dalam siklus kehidupannya. Orang tua bertanggung jawab untuk menyediakan dana pendidikan anak dan memenuhi kebutuhan lainnya, seperti rumah tinggal yang layak serta sarana transportasi. Selain itu, orang tua juga harus menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung sebagai persiapan dana hari tua. Dalam  perencanaan keuangan pribadi, kebutuhan untuk membiayai setiap fase disebut sebagai tujuan keuangan pribadi. Tujuan keuangan seseorang dapat dibuat untuk jangka pendek, menengah, jangka panjang, atau kombinasinya.

Tujuan keuangan pribadi bersifat unik dan tidak selalu sama bagi setiap orang. Dua orang yang berumur sama pada fase yang sama, belum tentu mempunyai tujuan keuangan yang serupa. Kemampuan finansial serta gaya hidup (life style) membedakan tujuan keuangan setiap individu.

Perencanaan keuangan pribadi

Perencanaan keuangan pribadi adalah suatu proses mencapai tujuan keuangan pribadi melalui manajemen keuangan yang terencana dengan baik. Banyak orang yang belum melakukan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangannya. Mereka selalu berharap masa depan selalu baik. Jika masa depan tidak baik mereka pasrah.

Anda memang tidak akan bisa merencanakan segalanya, tetapi dengan membuat perencanaan yang baik, setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga hasil yang diperoleh pun bisa lebih baik.

Seseorang yang gagal dalam membuat rencana sesungguhnya sedang membuat rencana untuk gagal.

Mengapa kita perlu melakukan manajemen / pengelolaan keuangan ?

1. Supaya lebih tenang, damai, dan nyaman menjalani kehidupan kita saat ini dan di masa depan, baik jangka menengah maupun saat usia lanjut, karena kita memiliki dana untuk berjaga-jaga (jika terjadi kecelakaan, sakit, bencana tidak terduga, atau segala hal yang membutuhkan dana secara mendadak).

2. Supaya uang yang Anda miliki bisa digunakan untuk memperoleh pendapatan lebih banyak (peternakan uang)

Kita semua adalah pengusaha kehidupan. Kita masing-masing memiliki perusahaan bernama PT ………….. (nama kita)

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang memiliki laba. Itu artinya

Pendapatan – pengeluaran = laba

Laba adalah sisa pendapatan kita setiap bulan dikurangi pengeluaran; uang yang menjadi kelebihan dana Anda. Ingat, perusahaan harus mendapatkan laba. Artinya, bagaimanapun juga kita harus memperoleh keuntungan dan bukannya mengalami defisit setiap bulan. Rumus di atas bisa juga dituliskan sebagai berikut :

Penghasilan – pengeluaran = kelebihan dana

Artinya, penghasilan kita setiap bulan masih menyisakan kelebihan dana yang bisa ditabung jika dikurangi dengan pengeluaran. Akan tetapi, rumus tersebut sering kali tidak berjalan dengan baik. Sering kali uang kita habis untuk pengeluaran, bahkan sebelum akhir bulan.

Seharusnya, yang harus kita lakukan adalah rumus berikut ini :

Pendapatan – penyisihan dana = pengeluaran

Agar dapat memiliki dana lebih setiap bulan, jangan menyisihkan di akhir bulan. Sisihkan uang kita di awal bulan. Artinya, pendapatan kita sisihkan dulu sebagian untuk ditabung, sisanya baru digunakan untuk membiayai pengeluaran.

Misalnya, kita menerima gaji setiap bulan sebesar Rp 2.000.000. Kita sisihkan dulu Rp 300.000 kemudian barulah sisanya sebesar Rp 1.700.000 digunakan untuk membiayai pengeluaran. Jika kita melakukan hal ini, bisa dipastikan bahwa selalu ada uang yang ditabung setiap bulan.

Kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik membutuhkan kedisiplinan dalam pembagian pos-pos keuangan. Pos-pos pengeluaran yang harus kita lalui antara lain :

1. Needs / kebutuhan

2. Debts / hutang

3. Wants / keinginan

4. Savings / tabungan

5. Invesments / investasi

Langkah supaya lebih tenang, damai, dan nyaman menjalani kehidupan kita saat ini dan di masa depan, baik jangka menengah maupun saat usia lanjut, karena kita memiliki dana untuk berjaga-jaga (jika terjadi kecelakaan, sakit, bencana tidak terduga, atau segala hal yang membutuhkan dana secara mendadak) adalah dengan mendaftarkan asuransi jiwa dan kesehatan Sinarmas MSIG Life. Dengan premi yang sangat terjangkau mulai 300 ribu per bulan untuk dewasa. Juga ada produk tabungan untuk dana pensiun. Selengkapnya di Perencana Keuangan

Tabungan kita tetap akan utuh bila kita dirawat di rumah sakit, sehingga tidak terjadi tragedi finansial.

Tulisan ini diambil dari buku The Secret of Wealth Management How to Build Your Wealth From Nothing dari MIC Publishing.

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on October 30, 2013, in Asuransi jiwa, Kesehatan, keuangan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Makasih atas infonya , Aerith

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: