KabarSidoarjo.com menampilkan foto orang lain tanpa ijin untuk tujuan komersial

Patut disayangkan, portal berita kabarsidoarjo.com memasang foto hasil foto saya delta fishing sidoarjo di web kabarsidoarjo.com dengan sengaja tanpa meminta ijin dari saya untuk tujuan komersial. Dan ini baru saya sadari kemarin tanggal 4 Oktober 2013. Saat saya memonitor kata kunci “delta fishing” di google webmaster pada blog saya r1sthree.wordpress.com. Kalau anda search di google “delta fishing” untuk gambar maka akan muncul kedua foto delta fishing dari blog saya dan dari situs kabarsidoarjo.com. Nampak dengan jelas pelanggaran hak cipta itu karena :
– nama filenya masih sama “delta-fishing-dari-atas.jpg”
– semua posisi obyek foto persis sama yaitu perahu tambang dan enam sepeda air
– tulisan r1sthree pada foto di air kolam perahu dan di air kolam pancing masih ada. Saya memasang tulisan r1sthree di foto memang dengan kesengajaan untuk menghindari pelanggaran hak cipta.
– hanya ada cropping dengan menghilangkan sisi kiri foto

Saya sebenarnya mengijinkan penampilan foto saya di web lain asal minta ijin saya atau menyebutkan sumber fotonya di web itu. Ini adalah fair karena foto adalah hak cipta pemiliknya. Sebenarnya kalau ingin mengambil foto sendiri di delta fishing adalah hal yang mudah dan murah. Apalagi untuk tujuan komersial, yaitu mendapatkan keuntungan dari pemasang iklan di web. Saya sudah memberitahu tentang hal ini melalui ke kabarsidoarjo.com melalui email.

Di blog saya memang ada sumber dari situs lain tetapi saya menyebutkan sumber tersebut pada tulisan saya. Dengan ini semoga kesadaran atas hak cipta semakin bertambah.

kabarsidoarjo membajak-  blog r1sthree delta fishing-

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on October 5, 2013, in Foto, Internet, Travelling and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. Kurang ajar betul admin kabarsidoarjo.com. Yang seperti ini perlu diberi peringatan agar tidak menjadi budaya.

  2. peringatannya dikirim email aja dulu mas… kalo masih mbalelo di hack rame2 (kejamnya

    • Yang saya lakukan adalah memposting artikel ini dengan tag “kabarsidoarjo.com” dan lainnya yang berkaitan. Supaya publik mengetahuinya lewat google / search engine.

  3. Betul, peringatannya lewat email aja dulu. Kalo tetap mbalelo, tempuh jalur hukum dg dasar sbb:
    Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (“UUHC”) pengertian hak cipta adalah
    “…hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

    Menurut Pasal 12 ayat (1j) UUHC, fotografi termasuk ciptaan yang dilindungi.

    Download UUHC di sini, mas: http://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/538/node/11/uu-no-19-tahun-2002-hak-cipta

    Selanjutnya dibenturkan dengan UU ITE pada pasal 1, pasal, 25, dan pasal 27.

    Kalo merasa ribet menempuh jalur hukum, permalukan dihadapan publik. Ajak orang berkomentar dalam situsnya bahwa foto2nya hasil curian.

    • Yang saya lakukan adalah memposting artikel ini dengan tag “kabarsidoarjo.com” dan lainnya yang berkaitan. Supaya publik mengetahuinya lewat google / search engine.

  4. Kadang ada website tertentu yg tidak bisa dikomentari atau dihubungi pemiliknya, jadi mau komplain foto kita yg dicomot juga ga bisa. Biasanya saya cuma pasrah😦 .

    • Yang saya lakukan adalah memposting artikel ini dengan tag “kabarsidoarjo.com” dan lainnya yang berkaitan. Supaya publik mengetahuinya lewat google / search engine. Dan saya juga sudah kirim email ke redaksi kabarsidoarjo.com

  5. Nek ngambil foto atau copas artikel harusnya yooo minta ijin dlu
    Paling gak pake source lagh
    Hehehe

Leave a Reply

