Merencanakan keuangan

Dalam hidup di dunia kita harus memenuhi kebutuhan hidup yang terus ada tentunya selama kita masih hidup. Tidak hanya kebutuhan kita sendiri, juga kebutuhan pasangan kita dan anak-anak. Kebutuhan hidup seperti:
– pangan
– sandang
– papan
– dan pendidikan

Semua kebutuhan itu harus kira rencanakan dengan baik. Dalam alokasi penghasilan untuk masing-masing kebutuhan itu juga harus ada dalam rencana keuangan kita. Porsi untuk masing-masing kebutuhan itu harus tepat dan porsi kebutuhan yang satu tidak berlebihan sehingga bisa sampai mengurangi porsi yang lain. Di samping untuk memenuhi semua kebutuhan hidup itu kita juga harus mengalokasikan penghasilan untuk impian hidup kita seperti mempunyai rumah, mobil, pendidikan tinggi untuk anak-anak dan berwisata ke luar kota atau luar negeri.

Untuk mewujudkan impian itu kadang ada kendala atau resiko yang di luar rencana kita. Padahal kita sudah berhati-hati dalam kehidupan kita. Memang benar dengan menjaga kesehatan, kita dapat meminimalisir penyakit yang menyerang Anda namun masa depan bukanlah sesuatu yang dapat diduga. Resiko yang tidak dapat kita hindari itu adalah musibah seperti sakit, kecelakaan dan bahkan (maaf) tutup usia. Terkena penyakit yang sampai harus rawat inap di rumah sakit. Atau mengalami musibah kecelakaan yang juga harus sampai rawat inap. Bahkan tutup usia karena sakit atau kecelakaan itu.

Sering kali biaya rawat inap itu melebihi tabungan kita. Tabungan yang ada tidak mencukupi untuk semua biaya perawatan di rumah sakit. Sehingga kita harus mencari dana lain seperti dengan cara meminjam. Untuk mengembalikan pinjaman itu akan berdampak pada rencana alokasi kebutuhan selanjutnya. Kondisi ini akan sangat mengganggu dalam kehidupan kita.

Kondisi akan lebih buruk jika tidak ada pinjaman. Atau pinjaman yang ada tidak mencukupi. Ini kondisi yang membuat dilema karena kebutuhan dana untuk kelangsungan perawatan di rumah sakit. Atau kita mengalami kecelakaan yang sampai membuat kita cacat yang akan berdampak pada penghasilan kita. Jika kita tutup usia dalam usia produktif akan sangat menggangu dalam kelangsungan hidup pasangan kita dan anak-anak kita.

Dan dalam kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk mewujudkan impian hidup, tentunya mempunyai masa produktif. Penghasilan kita akan menurun bahkan sampai tidak mempunyai penghasilan lagi. Ini juga harus ada dalam rencana keuangan pada kehidupan kita. Kita harus menyisihkan dana untuk masa tua. Jangan sampai terjadi kesulitan keuangan di masa tua.

Dalam merencanakan masa depan anak dalam bidang pendidikan perlu disiapkan mulai dari sekarang. Apalagi biaya pendidikan semakin lama semakin tinggi. Apakah sudah kita bayangkan berapa biaya kuliah anak kita 10 tahun lagi ?

Untuk memberikan :
rasa tenang dan nyaman dalam kehidupan
serta meminimalisasi semua dampak resiko dalam kehidupan kita
seperti sakit, kecelakaan, masa tua, biaya pendidikan, cacat, dan tutup usia.  Apa yang harus kita lakukan ?

Menabung di tabungan dan deposito

Seperti kita ketahui bila kita menabung di bank akan mendapatkan bunga atau bagi hasil (syariah). Tingkat bunga hanya sekitar :

1,25% per tahun (bank Mandiri, 10 juta s.d.  < 100 juta)
0,9 % per tahun (bank BCA, >= Rp 1 juta s.d. < Rp 50 juta)

Kalau uang didepositokan ke bank akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi :

5% per tahun (bank Mandiri, < Rp 50 juta)
Minimal nominal deposito
Pulau Jawa: Rp. 10.000.000,-
Luar Pulau Jawa: Rp. 5.000.000,-
Pembukaan melalui e-Banking (Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call) : Rp. 1.000.000.-

3,75% per tahun (bank BCA < Rp 2 milliar)
minimal nominal deposito Rp 8 juta.

Seperti disebutkan di atas. Sering kali biaya rawat inap itu melebihi tabungan kita. Tabungan yang ada tidak mencukupi untuk semua biaya perawatan di rumah sakit. Dan tentunya harus menjaga kesehatan dan berhati-hati jangan sampai terjadi kecelakaan. Dan berdoa supaya kita selamat dan sehat.
Bahkan tingkat bunga tabungan dan deposito lebih rendah dari tingkat inflasi.


Investasi dalam bentuk Reksa Dana


Ikut program Asuransi Jiwa dan Kesehatan berbasis investasi

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on August 15, 2013, in Bank, Golden Ways, keuangan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. kalu di sini asuransi kesehatan itu wajib🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: