Ingin masak sendiri

Kebetulan hari ini Sabtu 1 Juni 2013 saya giliran piket di kantor. Rencana menu untuk makan siang belum ada. Dari pada makan di luar akan mengeluarkan uang Rp 8.000 an. Lebih baik masak sendiri saja dan sudah lama tidak masak sendiri. Di kantor peralatan dan bahan masak sudah tersedia. Kompor,  wajan (penggorengan), suthil (ini bahasa indonesianya apa ya ? yang buat goreng dan membalik telor), telenan, pisau, minyak goreng, garam. Biasanya masak cukup lauknya aja yaitu telur dadar diberi daun bawang atau dengan mi instan.  Terus pergi belanja ke pasar Kilometer Perak Surabaya. Baru kali ini dari beberapa tahun kerja di Perak Beli belanja untuk masak. Sempat bingung cari-cari sih untung bisa drive thru (tanpa parkir sepeda motor). Aku beli daun bawang Rp 4.000, tomat 1/2 kg Rp 4.000, cabe kecil & besar Rp 4.000. Bawang merah dan bawang putih Rp 2.000. Telur 1/2 Rp 8.500. Memang kalau dijumlah Rp 22.500 tapi bisa dibuat tidak hanya satu kali masak ini saja.

Sampai di kantor ditanya “habis dari mana”. “Belanja mau masak” jawabku. “Masak apa ? Nasi goreng ?” tanya teman. Jawabku spontan “OKE”. Rencana semula sih hanya goreng telur dadar saja terus dimakan dengan nasi putih. Berhubung ada ide menu menarik, lalu aku putuskan untuk masak nasi goreng plus telur dadar. Sempat bingung sih bumbunya pakai apa ya (karena masak di kantor dan akan dinikmati tidak hanya saya saja). Kalau masak di rumah untuk diri sendiri menu nasi goreng bumbunya hanya bawang merah, bawang putih dan garam saja plus kecap.

Saya ingat masih menyimpan bumbu instan di laci kerja yang belum sempat saya bawa pulang. Semua bumbu disiapkan. Pertama masak telur dadar dulu. Semula rencana saya menggunakan bumbu instan nasi goreng ditambah bumbu nasi goreng versi saya. Tapi kemudian saya berpikir bumbu sendiri akan terasa seperti masak sendiri dan tidak tergantung dengan bumbu instan.

01062013-  01062013(001)-
Bumbu-bumbu disiapkan dulu. Di mangkuk
hijau sudah siap telur + daun bawang.
 Belanjaan bumbu
 01062013(002)-  01062013(003)-
 Disiapkan penggorengan + suthil (ini yang
namanya suthil)
 Tomat untuk pengganti saus tomat di atas
telenan warna ungu.
 01062013(004)-
01062013(006)-
Mengoreng telur dadar. Nampak strategi
menggoreng salah. Harusnya dengan api
kecil, telur dituang ke penggorengan dan
dibiarkan matang dulu. Ini saya sudah
ratakan telur sejak awal.
Akhirnya untuk membalik kesulitan. Dan
hasilnya tidak bisa terbalik penuh.
 01062013(007)-
 01062013(008)-

Bumbu nasi goreng disangrai terdiri dari
2 buah tomat, 4 cabe kecil, 4 cabe besar,
daun bawang, 2 siung bawang putih,
2 buah bawang merah. Bumbu diiris kecil-
kecil saja, lebih praktis dan cepat. Kalau
ada diblender akan lebih baik. Supaya
bumbu mudah meresap.
Setelah bumbu kecoklatan dimasukkan nasi
putih.
 01062013(009)-  01062013(010)-
 Hasil akhir setelah ditambah kecap dan
bumbu masak “Masako”
 Taraaaa. Nasi goreng siap disantap dengan
lauk telur dadar. Makan tanpa sendok lebih
nikmat.

Nampak di foto terakhir ada nasi putih. Semula saya berpikir kalau memasak nasi goreng “gagal” maka masih ada cadangan nasi putih untuk dimakan. Dan akhirnya memasak nasi goreng berhasil dan saatnya bilang “sempurna” he he he.
Nasi goreng ini bisa dinikmati lima teman kantor saya. So laki-laki perlu juga bisa masak walau hanya sekedar nasi goreng dan telur dadar.

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on June 1, 2013, in Foto, Kuliner and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. LOL stujuuuuuu.. laki-laki harus bisa masak juga x)

  2. weis setuju, laki-laki yang bisa masak itu terlihat seksi haha😛

  3. kayaknya enak tuh *nyicip😛

  4. master chef baru nih, gmna rasanya bung?

  5. aku sampe sekarang juga gak bisa membalik telor… pasti ancur deh😀
    sepertinya enak tuh nasgornya, keasinan gak tuh ?

  6. wow .. keren .. bisa masak, enak pasti nasgornya ya , apalagi muluk makannya😛

  7. sama nih aku juga suka masak nasi goreng…hehe…

Leave a Reply

