Jamsostek tingkatkan layanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

Bagi Anda yang menginginkan pelayanan kesehatan yang lebih baik , ikutlah asuransi Jiwa dan Kesehatan SinarmasMSIG di link berikut
Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu ternyata preminya terjangkau dan memberikan banyak perlindungan

Diambil dari iklan di Jawa Pos tanggal 27 Desember 2012

Jaminan Kesehatan hingga Rp 80 juta

Pemeliharaan kesehatan adalah hak tenaga kerja. JPK adalah salah satu program Jamsostek yang membantu tenaga kerja dan keluarganya mengatasi masalah kesehatan, mulai pencegahan, pelayanan di klinik kesehatan, rumah sakit, kebutuhan alat bantu peningkatan fungsi organ tubuh, hingga pengobatan, secara efektif dan efisien. Setiap tenaga kerja yang telah mengikuti program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) akan diberikan KPK (Kartu Pemeliharaan Kesehatan) sebagai bukti diri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
PT Jamsostek (Persero) meningkatkan manfaat jaminan atau biaya pengobatan bagi pesertanya hingga mencapai Rp 80 juta per tahun. “Peningkatan manfaat dan perluasan cakupan layanan kesehatan ini berdasar pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI nomor 20 tahun 2012”, ucap Kepala Kantor Wilayah VI PT Jamsostek (Persero) Elias Manuhutu di sela waktu rehat setelah melakukan talk show interaktif di salah satu media elektronik radio di Surabaya.
Lebih jauh, Elias Manuhutu menerangkan bahwa peraturan menteri (permen) tersebut adalah perubahan atas Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No Per-12/MEN/VI/2007 tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Kepesertaaan, Pembayaran Iuran, Pembayaran Santunan dan Pelayanan Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Berdasar peraturan tersebut maka jaminan pengobatan yang ditanggung Jamsostek untuk operasi jantung maksimal ditanggung Rp 80 juta per kasus per tahun.
Kemudian untuk transplantasi ginjal, hati, dan sumsum tulang belakang nilai yang ditanggung Jamsostek sebesar Rp 50 juta per kasus per tahun. Sedangkan penyakit kanker ditanggung sebesar Rp 35 juta per kasus per tahun.
Selanjutnya untuk penyakit kronis yang lain seperti hemodialisa ditanggung sebesar Rp 700 ribu per kasus per tahun maksimal tiga kali seminggu. Sementara untuk penyakit HIV/AIDS ditanggung sebesar Rp 20 juta per kasus per tahun. Untuk biaya persalinan jika sebelumnya yang ditanggung Jamsostek maksimal sebesar Rp 500 ribu maka kini naik menjadi Rp 750 ribu. Biaya kacamata yang sebelumnya Rp 200 ribu naik menjadi Rp 300 ribu.
Kemudian untuk biaya prothese mata dari yang sebelumnya hanya ditanggung Jamsostek Rp 300 ribu maka dengan adanya peraturan menteri tersebut biaya yang ditanggung Jamsostek mengalami kenaikan hingga menjadi Rp 900 ribu. Untuk prothese gigi dari yang sebelumnya Rp 500 ribu naik menjadi Rp 1,05 juta. Sementara prothese kaki dari Rp 500 ribu naik menjadi Rp 1,5 juta dan alat bantu dengar dari Rp 300 ribu naik menjadi Rp 1 juta.

Jaminan Kematian
Jaminan kematian diperuntukkan bagi ahli waris dari peserta program Jamsostek yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Pengusaha wajib menanggung iuran Program Jaminan Kematian (PJK) sebesar 0,3 persen dari upah yang dibayar ke para pekerja.
Jika ada peserta yang meninggal dunia, ada santunan sebagai upaya meringankan beban keluarga, baik dalam bentuk biaya pemakaman maupun santunan berupa uang. Besarnya santunan atau jaminan kematian tersebut adalah 14,2 juta untuk santunan kematian, Rp 2 juta sebagai bantuan pemakaman, dan santunan berkala Rp 200 ribu per bulan selama 24 bulan.
Mengingat begitu besarnya manfaat program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan dari Jamsostek tersebut, maka Elias berharap agar para tenaga kerja yang belum tergabung dalam Jamsostek agar segera menjadi anggota. Sebab persyaratannya sangat mudah dan biayanya juga sangat murah.
Selain program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, masih ada tiga program unggulan lain dari Jamsostek. Yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan program Jaminan Hari Tua.

___

Untuk penggantian lensa per 2 tahun sebesar 150 ribu rupiah.
Untuk penggantian frame dan lensa  per 3 tahun sebesar 300 ribu rupiah

___

Jam buka pelayanan kantor cabang Jamsotek Tanjung Perak
Senin – Kamis : 08.30 – 12.00 dan 13.00 – 14.00 istirahat 12.00 -13.00 ( 4,5 jam efektif )
Jumat                : 08.30 – 11.30

Dengan hanya 4,5 jam efektif maka peserta Jamsostek harus menyempatkan di waktu jam buka yang unik itu.
Menurut saya peningkatan layanan Jamsostek tersebut juga harus meningkatkan jam buka pelayanan dengan menambah jam buka. Kalau memang hanya sampai jam 14.00 seharusnya paling tidak untuk istirahat ditiadakan. Istirahat untuk makan dan shalat bisa ditunda sampai jam 14.00. Kalau itu tidak dimungkinkan seharusnya jam buka sampai jam 15.00 dengan tetap ada jam istirahat.

Pengalaman saya waktu mengurus klaim kaca mata tanggal 31 Januari 2012. Saya datang jam 10.15 dan ternyata kwitansi pembelian kaca mata tertinggal di kantor. Saya datang kembali jam 14.20 tetapi tetap dilayani karena saya sudah datang sebelumnya. Memang hanya sebatas penerimaan dan pengecekan dokumen.
Dan waktu saya menunggu, ada peserta yang datang mungkin untuk mengecek saldo JHT dan tetap dilayanai. Kondisi jam 14.20 hari itu hujan deras.

Alamat :
Jl. Perak Timur No. 82 Surabaya
Tel. (031) 3523854, 3524460
Fax. (031) 3298686

Status Kantor: Cabang Kelas II

<a href=”https://r1sthree.wordpress.com/2013/10/02/asuransi-jiwa-dan-kesehatan-itu-ternyata-preminya-terjangkau-dan-memberikan-banyak-perlindungan/”&gt;
Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu ternyata preminya terjangkau dan memberikan banyak perlindungan</a>

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on January 11, 2013, in Layanan Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Perusahaan tempatku bekerja juga menggunakan fasilitas Jamsostek, 4 program sekaligus..

  2. penting bagi tiap perusahaan dn kantor2 ini mah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: