BCA dan Bank Mandiri ‘Akur’ Soal Transfer ATM

Diambil dari BCA dan Bank Mandiri ‘Akur’ Soal Transfer ATM Jumat, 07/10/2011 19:10 WIB

Jakarta – Nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tak perlu ngomel-ngomel lagi karena tak bisa saling transfer. BCA dan Bank Mandiri akan segera menyambungkan jaringannya sehingga nasabah bisa transfer via ATM.

“Betul (kerjasama telah dilakukan) dan pada tanggal 11 Oktober rencananya akan diresmikan,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja ketika dikonfirmasi detikFinance di Jakarta, Jumat (7/10/2011).

Untuk diketahui, selama ini nasabah Bank Mandiri memang tidak bisa melakukan transfer dana lewat ATM ke nomor rekening BCA, maupun sebaliknya. Hal tersebut disebabkan karena kedua bank besar tersebut belum memiliki kerja sama dalam interkoneksi ATM.

Kepala Biro Sistem Pembayaran BI Aribowo pernah menyampaikan kerja sama tersebut merupakan awal yang ideal menuju penerapan national payment gateway (NPG). Aribowo mengatakan switching dari interkoneksi kedua ATM bank tersebut menggunakan jaringan Link dan Prima.

Link dibentuk oleh Himpunan Bank Negara, yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia dan Bank Tabungan Negara.

Adapun Prima merupakan switching interkoneksi ATM yang dikelola oleh PT Rintis Sejahtera. Selain BCA, ada sedikitnya 40 bank yang tergabung dalam Prima.

“Kami masih mendiskuskan dengan industri. Mudah-mudahan akhir tahun ini kita sudah dapatkan model yang lebih jelas dan disepakati oleh industri untuk seluruh ATM bank terhubung,” ujarnya.

NPG memang membutuhkan integrasi dari berbagai dari berbagai industri, terutama perusahaan pengelola jaringan ATM.

“Ke depan, harus ada satu yang besar, mengintegrasikan semua. Kalau ditanya sekarang, para pemilik perusahaan pasti tidak mau, tetapi ke depannya harus mau, kalau tidak mau akan dibentuk regulasi,” ujarnya.

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on March 8, 2012, in Bank and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: