BI Checking – Mencari tahu Sistem Informasi Debitur (SID)

Diambil dari http://www.kartukreditku.info/2011/05/bi-checking-mencari-tahu-sistem.html

Sering mengajukan kartu kredit, tapi selalu reject? atau hendak mengajukan KTA, atau KKB atau bahkan KPR. Sebaiknya saya sarankan untuk cek terlebih dahulu Informasi Debitur Individual (IDI) Historis anda yang tercatat baik di Bank Indonesia untuk mengecek kolektibilitas anda di bank tersebut. Berapa kali anda mendengan istilah “blacklist SID BI“? pasti sering ya untuk siapapun yang sering datang ke bank untuk keperluan urusan kartu kredit, atau cicilan lainnya. Sebelum saya memutuskan untuk menulis di blog ini, saya sendiri masih bingung dan penuh tanda tanya, apa sih SID itu, apa sih BI Checking itu, apa sih maksudnya ‘blacklist SID BI‘.

Secara singkatnya, untuk memperoleh laporan BI Checking anda;

  1. Datang langsung ke Bank Indonesia yang ada di kota tempat anda tinggal, kemudian ke bagian Informasi atau Public Relation pada hari kerja jam 08.00-15.00
  2. Siapkan FC KTP lebih baik, kemudian mengisi formulir permohonan permintaan IDI
  3. Laporan IDI anda akan anda peroleh setelah data dapat dibuka oleh petugas dan dicetak langsung saat itu juga, GRATIS!
Ok, setelah laporan IDI tersebut anda terima, ternyata secara garis besar isi IDI tersebut antara lain;
a. Data Pribadi Anda ; termasuk no.KTP, NPWP
b. Alamat Rumah Tinggal ; termasuk alamat pengiriman kartu kredit, tagihan, atau alamat korespondensi yang digunakan untuk akad kredit lainnya
c. Alamat dan data Pekerjaan
d. No.telepon rumah
f. Data lengkap Bank yang memberikan kredit anda; total pagu kredit, tahun pemberian, tahun berakhir perjanjian kredit, dan kolom-kolom bulan dan tahun yang ada isi angka kolektibilitas (1,2,3,4,5), juga ada catatan jika ada yang macet ditanggal berapa bulan berapa tahun berapa secara lengkap.

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on March 5, 2012, in Bank and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Buddy Nasution

    saya melakukan pengisian melalui internet, kemudian datang balasan berupa email yg ke saya yang menyatakan : Dapat kami sampaikan bahwa data debitur tersebut tidak tercatat dalam database SID.
    Bisa tolong pencerahannya Ini maksud nya apa ya pak, apakah ini berarti bahwa data saya tersebut tidak masuk dalam Blacklist BI atau bagaimana….???

    Thx pencerahannya.

  2. (Dengan ini kami sampaikan bahwa data debitur tersebut tercatat dalam database SID.) Apa arti kalimat tersebut? Apakah saya kena black list dari Bank Indonesia sehingga saya tidak bisa mengajukan kredit ke bank? Tks

    • Sesuai kalimat tersebut, Anda tercatat dalam database SID. Ada perinciannya jumlah kredit Anda. Ini sebagai bahan pertimbangan Bank bila Anda akan mengajukan kredit lagi.

  3. mas tolong pencerahan nya juga,,, saya kemaren ngisi formulir di BI checking lewat email,,,dan mendapat balasan tercatat detabase SID. Padahal saya tidak merasa mempunyai pinjaman apapun di bank manapun. berani sumpah saya. tolong bi bales

  4. oke trimakasih banyak,,,

  5. saya melakukan online BI cheking, hasilnya : Dapat kami sampaikan bahwa data debitur tersebut tidak tercatat dalam database SID.
    Artinya nama saya bersih dari blacklist BI dan bisa mengajukan kredit KPR ke bank ?
    thanks

Leave a Reply

