Mobile Banking dan SMS Banking

Asuransi Jiwa dan Kesehatan itu ternyata preminya terjangkau dan memberikan banyak perlindungan
Mobilitas dan tuntutan hidup yang semakin tinggi meminta kita untuk melalukan transaksi perbankan secara cepat di mana saja. Setelah terbukti bahwa bertransaksi melalui ATM tidak kebal aksi kejahatan, nasabah bank kini melirik SMS Banking dan Mobile Banking (M-Banking) sebagai alternatif layanan yang lebih aman.

M-Banking adalah istilah yang digunakan untuk transaksi perbankan yang dilakukan melalui perangkat mobile seperti telepon seluler.
SMS Banking dan M-Banking memiliki beberapa perbedaan. SMS Banking adalah jasa penyediaan transaksi perbankan secara mobile dengan berbasis SMS biasa dan tanpa enkripsi. Pengguna melakukan transaksi perbankan tertentu dengan mengetik kata kunci (keyword) yang dikirimkan ke kode tertentu sesuai dengan penyedia bank masing-masing secara transparan.

Fasilitas SMS Banking yang saya gunakan dari Bank BCA, Permata, CIMB Niaga, BNI, Mandiri, Bukopin ( banyak sekali :)) ). Untuk SMS Banking BCA antara lain untuk cek saldo, mutasi rekening, isi pulsa dan info lainnya, tidak untuk transfer antar rekening & antar bank dan fasilitas pembayaran. Karena fasilitas transfer & pembayaran disediakan di M-BCA. Mandiri juga menyediakan SMS Banking dan M-Banking yang hampir sama fasilitasnya. Keduanya bisa untuk transfer dan pembayaran.

Sedangkan dengan M-Banking, pelanggan tidak perlu mengetik dan menghafal keyword, namun cukup melakukan pilihan pada menu-menu yang disediakan. Menu ini ada dalam SIM Tool Kit. Jadi jika tidak ada menu mobile banking dalam SIM card maka tidak bisa melakukan M-Banking.

Setelah punya simcard Telkomsel Kartu Halo (yang sinyal di kantor tidak memuaskan) untuk M-Banking Mandiri dan punya simcard prabayar XL untuk M-Banking BCA1. Dan simcard Indosat IM3 sudah lama hilang. Akhirnya membeli simcard baru dari Indosat. Dan maksudnya dipakai untuk M-Banking BCA2. Sekalian mencoba kualitas operator  tiga besar.

Hasilnya setelah membeli 3 buah perdana dari Indosat ternyata tidak ada menu M-BCA. Setelah cari tahu dari web Indosat aku mengerti kalau bisa tukar sim card dengan yang ada M-BCA nya. Dan waktu pulang kerja mampir ke Gedung Indosat Jl. Kayun Surabaya. Ini fasilitas yang baik untuk pelanggan. Customer service melayani sampai jam 20.00. Todak sperti operator GSM nomor satu yang bukanya hanya jam kerja saja. Dan tidak butuh waktu lama sekitar 15 menit akhirnya bisa tukar sim card dengan M-Banking. Layanan yang sangat memuaskan. Kartu lama diberikan, menunjukkan KTP, diambilkan sim card baru, diproses di komputer, sim card diaktifkan di hand phone. Dan beres deh, gak pakai lama. Pulang dari Indosat mampir ke BCA Darmo untuk register M-BCA. Sampai di rumah mengaktifkan M-BCA melalui menu admin. Dan M-BCA bisa digunakan. Untuk mengaktifkan transaksi payment dan commerce harus datang ke kantor BCA dahulu.

Untuk kartu perdana XL sudah ada menu M-Banking tidak perlu penukaran kartu. Untuk kartu perdana Telkomsel M-Banking ada untuk Mandiri, BNI, Citibank, Danamon, Panin. Kalau mau M-BCA harus tukar sim card karena M-BCA tidak dijadikan satu dengan M-Banking lainnya.

salah satunya dari http://www.indosat.com/Mobile_Features/More_Features/MBanking

About r1sthree

Pribadi yg sederhana. Pekerja IT. Tertarik dengan komputer, web design, vb programming, internet, dll.

Posted on June 17, 2011, in Bank, Komunikasi, Layanan Umum. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Saya masih bingung dengan perbedaan diatas antara phone banking dengan sms banking..memangnya kode pinya ..beda ya gan..tolong jelasin..
    Saya gunain BNI

    • Sms banking memakai sms sebagai media komunikasi datanya, nomor sms center 3346. Kalau mobile banking memakai internet sebagai komunikasi datanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: